Nyari Kosan itu ??

12 Apr 2012

Buat yang sekarang lagi bingung nyari kosan, atau yang mau nyari kosan buat lanjutin studi. Ini sedikit tips buat kalian.

1. Nyari kost yang deket ama kampus, kenapa ? alasannya jelas, karena kalo kos deket ama kampus ati kita bisa tenang gitu kalo telat- telat, selain itu ga perlu ngeluarin dana + + buat angkutan atau BBM. Apalagi BBM lagi mau naik juga isunya, selain itu dalam segi ekonomisnya kita agio (laba) banyak banget kalo kampus deket sama kosan.

Gimana caranya ? MUDAH bin GAMPANG. Setelah hasil SNMPTN keluar, kalian pasti tau kalian masuk di fakultas apa, nah main- main ke calon kampus kamu, istilahnya cek tempat. Tapi pastiin juga kalo kamu ada di kampus berapa [Ini buat yang kampusnya bejibun, misal kampus 1,2,3,4,5,dst], setelah tau fakultas kamu, mulai cek daerah di sekitarnya. Misal nih di UM a.k.a IKIP Malang a.k.a Universitas Negeri Malang, kamu masuk di fakultas ekonomi misalnya, berarti daerah sekitar fakultas kamu itu daerah jalan sumbersari gang 5,6,7 dan terusan ambarawa 1- 7. Atau misalnya lagi, kamu masuk di fakultas Tekhnik, berarti daerah fakultas kamu jalan surabaya dan terusan surabaya atau jalan jombang, itu alternatif yang paling baik.

2. Kalo udah mulai hunting, gimana caranya tau ini tempat kos atau bukan? nah, untuk mempermudah kamu harus punya link di calon universitas mu itu, misal temen, atau kakak kelas, mungkin juga saudara, dengan begitu kamu ngga bakalan sulit nyari- nyari. tapi biasanya di tahun ajaran baru kayak gitu setiap rumah yang menyediakan jasa tempa kost selalu menempelkan tulisan “Terima Kost Putri” atau “Terima Kost Putra”. Jadi, makin mudah lah :)

3. Ini yang menurutku paling penting. Apa ? Waktu kamu nyari kostan usahakan pas pertama kamu lihat kamu langsung nyaman gitu, istilahnya “first sight” hehe.

kayaknya itu aja deh yang paling penting di awal mula nyari kost.

Oh ya sebelum kaget jadi anak kost [khusus buat yang ga pernah hidup jauh dari orang tua :(] ada beberapa hal yang memang harus mulai dirubah dalam diri kita.

Jadi anak kost pastinya kita bakalan ngerasian yang namanya senioritas, merasa sungkan sama mbak- mbak yang lebih dulu tinggal di tempat kostan, merasa asing, ngerasa sendirian, tapi itu ngga semua bener, kadang kan kita lihat orang dari luarnya aja, masih baru lihat, baru pertama kenalan, kita langsung aja menarik kesimpulan tentang orang lain, makanya sampe ada slogan “dont judge a book by a cover”, contoh aja ini ya, di kostan ku, ada mbak tingkatku pertama kali lihat aku ngerasa dia gahar banget, cewe tapi punya tato banyak banget di tubuhnya, piercing juga, tapi nyatanya dia juga baik kok, lemah lembut gitu.

Hal yang lainnya, jangan campuri urusan orang lain, kecuali kamu diminta.

Di kosan beda sama di rumah. BANGET ! Di sini kita berbagi sama banyak orang, makin baik sikap kita, kita makin dihargai. hehe. Jadi JAIM itu perlu banget :p.

udah, sekian dulu aja deh.

kalau mau tanya2 langsung ke @silvianapple ya


TAGS Kost Merantau


-

Author

Follow Me