Tahan Hawa Nafsu Saat Puasa ? Susah !

15 Jul 2013

Bulan Ramadhan selalu menjadi salah satu momen yang tak terlupakan. Bagaimana tidak, bulan ini cuma mampir sebulan dalam setahun. Hal yang paling ditunggu tentunya oleh umat muslim yang wajib menjalankan ibadah ini. Nah, di bulan ini kita yang biasanya gampang emosi, harus belajar menahan emosinya, yan biasanya gampang lapar, harus belajar menahan laparnya, yang biasanya suka ngomongin orang, benar- benar harus belajar menahan melakukan hal itu. Apalagi bulan ramadhan rentan sekali dengan hal- hal yang berbau ngantuk, malas, dan waktu luang. Saya bilang waktu luang karena yang saya tahu, saat masa sekolah dulu, jam pelajaran di kurangi, yang awalnya satu jam mata pelajaran 55 menit, dikurangi menjadi 45 menit, begitu juga dengan kuliah, di beberapa tempat kerja juga demikian.

Apalagi sekarang, bulan ramadhan bertepatan juga dengan masa liburan kuliah. Wah, lengkaplah sudah waktu luang yang ada. Namanya juga waktu luang,waktu santai, waktu nggak punya kegiatan apa- apa. Kalau hari biasa sih, waktu luang biasanya dipakai buat makan, jalan- jalan, ngerumpi ya. Lha tapi, sekarang bulan ramadhan tuh, jadi kebiasaan waktu luang saat hari biasa harus di rem.

Apalagi, sifat manusia ya, wajar jika saat puasa merasa haus, dan lapar, pengen marah karena bosen kebanyakan waktu luang, kalau buat cewe waktu luang bawaanya pengen kumpul temen. Nah, saya punya sedikit tips nih untuk menahan hawa nafsu saat puasa karena kebanyakan waktu luang :

1. Mendekatkan diri pada Tuhan, selain sholat 5 waktu yang wajib dijalankan, selama bulan Ramadhan sebaiknya kita melakukan ibadah lainnya, seperti misalnya menjalankan sholat sunnah, serta membaca Al- Qur’an. Di tempat saya, setiap hari di mushola selalu ada Tadarus mulai dari shubuh sampai malam, jadi bisa gabung disana deh..

2. Membaca Buku, buku adalah jendela dunia, jadi untuk mengisi waktu luang dan juga saat puasa menahan hawa nafsu membaca buku adalah hal yang oke dilakukan, eh tapi buku yang baik ya. :D

3. Menyibukkan Diri, menyibukkan diri bisa dengan kegiatan apa saja, tapi dengan kegiatan positif ya, misalnya membuat kerajinan tangan, jualan ta’jil, ngeblog, membereskan kamar, bersih- bersih rumah dan lain sebagainya.

4. Sebisa mungkin saat puasa kurangi waktu berkumpul dengan teman, bukan berarti kita menutup diri ya, tapi kalau lagi kumpul temen bawaanya kan pengen ngerumpi tuh, pengen ngomongiin orang aja, jadinya yah mending menyibukkan diri aja di rumah :D

5. Tidur, nah tidur juga termasuk ibadah kan. Jadi, tidur juga bisa meminimalisir hawa nafsu. Tapi, kebanyakan tidur saat bulan puasa juga tidak baik lho, jadi tidur adalah opsi paling akhir.

Itu beberapa tips menahan hawa nafsu saat puasa dari saya. Bisa di coba lho, tapi yang terpenting dari semua itu adalah niat dari diri sendiri untuk tidak mengumbar hawa nafsu. Tidak ada orang lain yang dapat mengontrol hati dan pikiran kita, hanya diri kita sendiri yang dapat melakukannya.

Menahan hawa nafsu susah ya ternyata, kalau kata sepupu saya dari Batam “banyak kali lah itu syaratnya”. Tapi dengan niat yang tulus apa sih yang gak mungkin. :D

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa :D


TAGS ngaBLOGburit


-

Author

Follow Me