Kolak Pisang dan Nangka, Menu Takjil Favorit Kita

16 Jul 2013

Saat- saat berbuka puasa merupakan moment yang paling ditunggu, setelah seharian menahan hawa nafsu, baik dahaga, lapar, dan nafsu lain, kita sering meluapkan hasrat untuk makan banyak saat berbuka. Padahal, hal tersebut kurang baik lho sebenarnya, karena jika kita berbuka terlalu penuh saat tarawih gak bisa bangun soalnya kekenyangan. Hehe.

Jadi, lebih baik saat adzan maghrib, minum yang manis, sholat, lalu makan secukupnya, setelah sholat tarawih baru deh makan besar.

Kenapa saat berbuka sebaiknya mengkonsumsi kudapan yang manis ? iya dong, kan seharian tubuh kita gak ada asupan nutrisi, jadi kudapan manis dapat menormalkan glukosa dalam tubuh kita. Banyak sekali varian menu buka puasa, tapi sebelum berbuka dengan makanan utama, biasanya kita terlebih dahulu menikmati yang namanya takjil. Kalau di rumah, ibu saya sering membuat berbagai macam kolak, mulai dari kolak pisang, kolak ketela, dawet, kolak nangka, kopyor, dan sebagainya. Sebagai anak kos yang ketika puasa sering tidak berada di rumah, kehadiran kolak sungguh sangat dinantikan.

Kalau lagi gak di rumah saya biasanya beli tape, lalu di campur dengan air panas. Takjil sederhana ala anak kost. Tapi ada satu yang menjadi favorit saya kalau di rumah, campuran kolak nangka dan pisang. Selain rasanya yang enak, keduanya memiliki banyak keunggulan. Buah nangka memiliki kandungan nutrisi yang banyak antara lain Vitamin C, Vitamin A, Potassium (Kalium), serta Magnesium yang baik untuk kesehatan. Sedangkan buah pisang sangat kaya dengan vitamin A dan serat, selain itu buah pisang juga dapat meningkatkan mood dan mengatasi maag.

Cara membuatnya pun mudah. Bahan yang diperlukan juga gampang di dapat. Apalagi, uti saya punya kebun di belakang rumah yang menghasilkan buah- buah yang dibutuhkan untuk membuat kolak. Hehe..

Kolak Nangka dan Pisang

Kolak Nangka dan Pisang

Bahan yang dibutuhkan :

Pisang, Nangka, Gula Merah, Air, daun pandan dan santan.

Cara Membuatnya :

1. Pisang dan nangka di kupas dan di potong- potong serong,

2. Gula merah disisir halus,

3. Rebus air, nangka, dan pisang sampai matang, lalu masukkan gula merah dan daun pandan. Masak sampai mendidih,

4. Kemudian tambahkan santan, dan juga sejumput garam. Diaduk sampai matang. Tapi, kalau sudah ditambah santan jangan sampai mendidih, karena nanti santannya pecah.

Kalau sudah matang, tinggal nunggu waktu berbuka puasa. Kolak nangka dan pisang siap disajikan.

Moment puasa di rumah benar- benar saya nantikan karena selain tidak perlu memikirkan menu buka dan sahur, kebersamaan dengan keluarga adalah salah satu hal yang tidak bisa digantikan. Apalagi, bagi saya, masakan di rumah tetap nomor satu.

Tapi, apapun takjilnya, yang penting puasanya. :D. Selamat menanti buka puasa ya, awas takjilnya jangan diliatin terus.

*Foto Koleksi Pribadi


TAGS ngaBLOGburit Kolak Nangka dan Pisang Kudapan Sederhana namun Istimewa


-

Author

Follow Me